Saturday, 26 May 2018

Bapak Mangapul yang terhormat,

Saya ada satu pertanyaan, kiranya Bapak atau hamba Tuhan yang lain bersedia memberikan pencerahan.

Bagaimana Caranya kita dapat mengetahui bahwa Pendeta/pengajar atau hamba Tuhan itu palsu?

GBU
Lamhot.Tampubolon

MS:
Ini pertanyaan menarik dari Sdr/amang Tampubolon.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya akan mulai dengan sebuah pernyataan; UNTUK MENGETAHUI KEPALSUAN, KITA HARUS MENGETAHUI YANG ASLI. Demikian juga, UNTUK MENGETAHUI KESESATAN, KITA HARUS MENGETAHUI YANG BENAR.

Saya pernah mendengar sebuah kisah bahwa ada satu agent di Amrik yang dalam tempo sekian detik dapat mengetahui UANG PALSU.
Bagaimana hal itu bisa terjadi? Katanya, orang2 yang bergabung dalam kelompok itu telah dilatih bertahun-tahun tentang ciri-ciri UANG DOLLAR YANG BENAR. Mata mereka dilatih melihat bagian demi bagian dari uang tsb. Selain itu, sense (perasaan) mereka juga dilatih untuk dapat meraba UANG BENAR.
Nah, dari pengenalan yang sangat dekat DENGAN UANG BENAR, mereka dapat membedakan uang benar dengan uang yang MIRIP DENGAN UANG BENAR (PALSU).

Satu contoh lagi, seorang pernah mengagumi seorang pemain gitar, memujinya selangit. Di pihak lain, ada orang yang tidak suka dengan cara bermain orang itu.
Apa yang terjadi? Yang satu sebenarnya hanya melihat irama dan serunya orang itu bermain gitar. Orang itu tidak memiliki kemampuan yang memadai tentang kunci-kunci gitar yang advance (lanjutan). Di pihak lain, orang kedua, adalah seorang pelatih di Yamaha Music Center. Maklum, bukan?

Semoga posting ini berguna bagi kita semua.

Salam kebenaran,
Mangapul Sagala.