PENDAPAT BAPAK DR. JUNIFRIUS GULTOM TENTANG TRITUNGGAL DAN KRISTOLOGI.

Rekan2 ytk, posting saya sebelumnya telah ditanggapi rekan2 dengan berbagai sikap. Wajar.
Tapi menjadi tidak wajar, jika saya dituduh, bergossip, fitnah.
Semua itu saya lakukan jauh dari gossip, terlebih fitnah.
Beban saya sejak dulu adalah menjaga dan membangun kemurnian ajaran umat, tanpa dibatasi sekat-sekat denominasi.
Syukur, saya adalah staf full time di sebuah Yayasan Perkantas, yang inter-denominasi. Saya juga mendirikan STT TRINITY PARAPAT yang inter-denominasi.

Demi Gereja Tuhan, saya telah meninggalkan bidang saya sebagai Ir Metalurgi. Saya tidak  mengorbankan Gereja demi diri. Tapi sebaliknya. Karena itu, saya tidak mau studi sembarangan.  Saya mengikuti tantangan orang tua saya. "Jika benar mau menjadi hamba Tuhan, studi yang benar, jangan sia-siakan bidangmu, lalu kembali cari duit, duniawi.  Syukur, Tuhan menjawab doa hambaNya. Saya studi di tempat-tempat terbaik dunia.
Nampaknya, rekan2 yang menuduh fitnah, tanpa dasar belum mendengar link video yang saya kirim.
Silakan dengar pada menit ke-9.56 tentang Kristologi.
Jika Yesus bukan Allah, tentu, menolak Allah Tritunggal.

Baiklah,  agar jelas, maka saya kutip pendapat pak JG (Copy paste) dari tulisannya dari satu diskusi di FB: Forum Diskusi Teologia dan Biblika. Itulah yang saya copy dalam slide ketika seminar di atas.
Ketika itu, debat kami berdua tentang Kristologi sangat panjang. Juga diikuti netters lain, ada sekitar 315 tanggapan.
Saya kutip yang relevan saja.
Kutipan pengumuman saya di groups FB:
Permisi kepada semua anggota groups ytk, perkenankan saya memberi selingan kepada diskusi theologia yang sedang berlangsung. Kita akan mengadakan serangkaian seminar Allah Tritunggal di Jakarta (Sabtu 14.4 jam 9-14.00), Medan (Sabtu, 21.4 jam 9-14.00).
Tanggapan pak Gultom:
“p Sagala, kalau saya sih berpendpt Tritunggal itu "mitos" hy ciptaan org2 yg tak memahami Alkitab, hehehee.... Bahkan kalau meminjam istilah pak Joas  peng-kanonan Alkitab itu sendiri sdh sedmkian rupa dimaksudkan utk "men-tritunggal-kan" ALLAH. Tapi…
Copy paste  pendapat pak JG tentang Kristologi:
Lumayan capek berjam2 meladeni serangan2 orang2 yang tak setuju dengan paham saya bahwa Yesus bukan ALLAH, haha.... Saya harap teman2 bisa merenung secara mendalam dan membaca kembali Alkitab dengan pikiran yang jernih, tidak karena plot doktrinal yang sudah mendarah daging dihidupi gereja!
Doa dan harapan saya buat pak JG.  Beliau saya kenal secara pribadi, beberapa kali melayani bersama di Seminar Internasional, Sola Scriptura. Kiranya  JG sudah meninggalkan pandangan -seperti bidat- yang bukan pemahaman sinode GBI itu, di mana dia bernaung.
Semoga beliau sudah meninggalkan paham yang dianutnya sekitar 10 tahun lalu.
Doa saya, kiranya gereja besar GBI, melalui KETUM Dr. Adi Abraham, terus dipimpin Tuhan dalam memurnikan ajaran. Salah satu bahaya besar bagi Gereja adalah dari dalam. Itulah kemurnian ajaran. Itulah musuh paling besar, bukan pedang, bukan aniaya!
Salam kasih dan perjuangan kebenaran.
Soli Deo gloria.
May God bless us all.