TERLANJUR FANATIK, TIDAK BISA BELAJAR LAGI: BAHASA ROH" (1)

#AwasAjaranSesat
#BahasaLidah
#Ngototisme

Rekan2 ytk, salah satu masalah dalam Gereja Korintus adalah soal bahasa roh. Lebih tepatnya: bahasa lidah (glossolalia, speak in tounge). Itulah sebabnya, rasul Paulus mencoba MENERTIBKAN mereka soal penggunaan bahasa lidah (1Kor.12-14).

Namun sayang, kelompok bahasa Roh malah menjadikan 1Kor.12-14 menjadi dasar untuk berbahasa roh, seolah-olah rasul Paulus sedang mengajarkan atau menganjurkannya!

Tapi TIDAK ada ahli Kitab Korintus yang berpendapat bahwa kedua pasal itu (1Kor.12 & 14) memiliki MOTIVASI MENGANJURKAN BAHASA ROH. Sebaliknya yang terjadi, karena kekacauan dan ketidaktertiban Gereja Korintus karena bahasa roh.
Itu sebabnya, satu pasal khusus (1Kor.13) disisipkan, yaitu tentang KASIH. Maksudnya, agar semua karunia (sekitar 9 dalam 1Kor.12) dilakukan dalam kasih.

Di bawah ini, saya copy dan screenshot percakapan saya dengan sdr RM, seorang gembala juga. Terlihat, betapa tidak mudah bagi mereka yang TERLANJUR FANATIK untuk belajar objektif.
Selamat membaca
====

MS: good, itulah ajaran Paulus dalam 1Kor.12:11.
MS: Jika demikian, apakah semua orang berbahasa roh?

RM: Mangapul Sagala Saya tidak mengatakan setiap orang percaya harus berbahasa lidah pak DR. Sagala. Namanya karunia berarti pemberian cuma2 dari Bapa di surga. Kalau kita mau dan minta dengan iman yang sungguh akan diberikan.

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”
Lukas 11:13 TB

RM: Terserah Tuhan Sang Pemberi. Bisa ya bisa juga tidak. 🙏🙏🙏

MS: Roberth J Mongdong ok, banyak jenis karunia. Ada sekitar 20 dalam PB. Apakah setiap karunia itu, jika diminta pasti dimiliki?

RM: Jawaban saya adalah TIDAK. Tetapi yang jelas Tuhan rindu dan mau umatnya berbahasa roh (bahasa lidah). Mengapa mereka tidak menerimanya karena tidak mau dan tidak memintanya. Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua.🙏🙏🙏

MS: Anda mengutip 1Kor.14:1 sebagai jawaban bhw Allah merindukan semua orang berbahasa roh. Apa anda paham isinya? Ini saya copy. Fw. 1 Korintus 14:1 (TB) Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.

Rasul Paulus jelas mengatakan "karunia bernubuat", Firman Allah adalah nubuat. Eh, sdr Roberth mengisinya dengan bahasa lidah!!! Sangat tendensi ke bahasa lidah!

MS: Roberth J Mongdong inilah KECENDERUNGAN kalian terhadap bahasa lidah. Begitu banyak karunia Roh (20), mengapa hanya bahasa lidah yg kalian tekankan sebagai yg utama? Di mana Alkitab menulis "Tuhan rindu dan mau umatNya berbahasa roh"? Tolong tunjukkan satu kata atau 1 ayat. Kedua, anda sudah menjawab di atas, bahwa TIDAK SEMUA YG MEMINTA KARUNIA MENERIMA, itu tergantung KEDAULATAN ALLAH. Berubah lagi? :)

RM: Tersurat tidak pak DR. Sagala tetapi tersirat ada. Contohnya: I Korintus 14:1. Paulus sendiri juga banyak berbahasa roh dan menegaskan jangan melarang orang berbahasa roh. Dari pengalaman pribadi (subjektive) ketika saya meluangkan waktu cukup berdoa dalam bahasa roh banyak hal2 supranatural yang saya alami dan iman saya sangat terbangun.🙏🙏🙏 Contoh pengalaman subjektive saya: Tadi pagi setelah bangun baca Firman dan ketika saya berdoa dengan bahasa Indonesia dan juga bahasa roh, saya mendapat kesan bahwa hari ini saya akan dipertemukan dengan seseorang boleh dikatakan untuk berdebat, tetapi saya tidak tahu siapa orangnya, hal tersebut membuat saya semakin berdoa untuk meminta hikmat dari Tuhan. Sekarang baru saya tahu ternyata bapak DR. Sagalalah orangnya yang Tuhan mau pertemukan dengan saya hari ini. To God be the glory forever and ever.🙏🙏🙏

MS: Roberth J Mongdong Anda mengutip 1Kor.14:1 sebagai jawaban bhw Allah merindukan semua orang berbahasa roh. Apa anda paham isinya? Ini saya copy. Fw. 1 Korintus 14:1 (TB) Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.

Di mana Allah merindukan agar semua orang berbahasa roh? 😄

MS: Roberth J Mongdong :) mengapa tidak baca kalimat selanjutnya? Kok karang sendiri? Apa yg disebut terutama? Baca yg baik, smg masih mau terbuka.

RM: Mangapul Sagala
...usahakanlah dirimu memperoleh karunia2 (jamak) Roh terutama karunia bernubuat pak DR. Sagala termasuk di dalamnya karunia bahasa roh (bahasa lidah).

RM: Mangapul Sagala Bernubuat sangat diperlukan untuk jemaat di Korintus saat itu karena ketidakdewasaan rohani dalam mengaplikasikan karunia2 Roh mereka dan untuk itulah Paulus menuliskan Surat I Korintus tersebut. Tetapi bukan berarti karunia2 Roh lainnya tidak penting.

MS: Roberth J Mongdong Dari mana tahu itu tersirat? Anda sedang exegesis atau eisegesis? Anda tahu motivasi rasul Paulus menulis bahasa lidah pada 1Kor.12 & 14 yang diselingi satu pasal di pasal 13? Mau memerintahkan atau mau menertibkan?
(Bersambung)