GAYA HIDUP MEWAH PDT-PDT ITU!

Oleh. Pdt. DR.IR. MANGAPUL SAGALA, M.TH
#LawanTeologiaSukses
#HarusBekerhaSamaTekun

1. Posting saya tentang Mengenali Gemba Palsu telah diresponi begitu baik. Juga telah dibagikan oleh banyak rekan. Terimakasih banyak rekan2 semua utk kerja sama kita melawan ajaran salah:

ini linknya:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10157811782195081&id=662600080

2. Posting ini saya tulis lagi, juga yg sebelumnya, TIDAK SEDANG MENYERANG PDT PADA UMUMNYA. KIRANYA TUHAN MEMBERKATI REKAN2 SEPERJUANGAN, BAIK DI DESA2 PEDALAMAN, DI MANA SAJA..MARI TETAP SETIA, SALING MENDOAKAN.

3. Mari kita simak Firman Tuhan berikut:
"Jadilah TELADAN bagi orang2 percaya, dalam PERKATAANMU, TINGKAH LAKUMU, KASIHMU, KESETIAANMU & KESUCIANMU" (1TIM.4:12).

SELANJUTNYA, "AWASILAH DIRIMU SENDIRI & AWASILAH AJARANMU" (1TIM.4:16).

Ada juga nasehat untuk istri hamba2 Tuhan sejati. Kesaksian hidupnya harus benar, mendukung suaminya dengan doa dan kesaksian hidup TELADAN, BUKAN DENGAN IKUT2AN JADI PDT & MEMBERI BERKAT kepada jemaat, sebagaimana terjadi. Padahal, dia TDK memiliki latar belakang teologia formal. Hanya numpang makai kuasa suami (atau anak makai kuasa ayah!) Ini perintah jelas dari rasul Petrus:

1 Petrus 3:2-3 (TB)
... jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu.
Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah,

4. Itulah perintah Firman Tuhan yang sangat JELAS, TEGAS KEPADA HAMBA TUHAN. Maka di luar itu, menyimpang! Jika terus di sana dan saat yg sama berkhotbah, ITU ADALAH NABI2 ATAU GEMBALA2 PALSU. ATAU MEMALSUKAN INJIL DENGAN KEMAMPUANNYA BERSILAT KATA.

5. Kepada rekan2 seperti David Faniesin, dkk silakan dishare, tks utk donganmu dkk yang merindukan ajaran yang benar. Syukur sudah banyak yg share. Kalau bisa, ratusan bahkan ribuan yg share agar banyak yang tahu.

6. Setidaknya, JANGAN ADA ANGGOTA JEMAAT YG SOK MENASEHATI DAN MENUDUH MENGHAKIMI, JIKA KITA PARA HAMBANYA MENGKRITISI. Sebaliknya, mendukung & mendoakan.

7. SAYA SANGAT SERIUS MEMOHON DUKUNGAN REKAN2 SEMUA UTK BEKERJASAMA MELAWAN AJARAN SESAT, TERMASUK TEOLOGIA SUKSES, YG KENEKANKAN MATERI. KECENDERUNGAN SEBAGIAN PENGINJIL DAN PDT SEKARANG ADALAH MATERIALIS.

8. Jika sekitar 30 tahun lalu KESEDERHANAAN dijadikan model kesejatian, kini berubah, KEMEWAHAN JADI TANDA DIBERKATI! AKIBATNYA, LIHAT PDT X memakai jam tangan BAGAI PENGUSAHA KAYA. LIHAT JUGA ISTRINYA.

9. Perkenankan saya cerita tentang kekagetan saya di tahun 1986. Ketika itu, kami ikut Konferensi para PENGINJIL SEDUNIA (ICIE 86 di RAI CONVENTION HALL, AMSTERDAM. KAYAKNYA ITU BENGKEL PESAWAT DIJADIKAN CONVENTION OLEH PEMERINTAH BELANDA). Lebih dikenal dengan Amsterdam 86, oleg Pdt. DR. BILLY GRAHAM & DR. JOHN STOTT, dihadiri 14 ribuan orang dari 142 negara). Sebelum pulang ke Jkt, sekitar 10 orang peserta konf dari Indonesia pergi santai ke luar. Sebelum balik ke hotel, Pdt Jeremia Rimm (alm) mengajak masuk ke mall. Beberapa orang langsung beli ini dan itu, saya dan bbrp teman hanya lihat2 (window shopping). Sambil lihat2, Pdt. Jeremia berpapasan dengan saya. (Ingat Kasih Melanda Jakarta? Beliau pengkhotbah KKR itu, diadakan di Senayan). Lalu sambil menunjukkan satu pakaian. Dia berkata begini: "Hi pak Sagala, you need to buy this for your wife. DIA layak memakai ini." Ketika saya masih diam mendengarnya, beliau melanjutkan: "You see this?", sambil menunjukkan gaun wanita yang sudah dibeli. Lalu dia berkata, "Di Indonesia hanya dua yg memakai ini: satu istri menteri Mashuri. SH. Satu lagi pengusaha X". Karena dia terus semangat, saya menjawab sambil ketawa: "Nggak ada duit pak. Silakan saja".

10. Jadi, jika 34 tahun lalu, gaya hidup itu sudah dipraktikkan, apakah perlu heran jika makin banyak memiliki gaya hidup seperti itu? Akibatnya, jadilah pdt-pdt PERAMPOK & PENIPU yang mengambil uang persembahan. Atau menjadikan persembahan MILIK PRIBADI ATAU KELUARGA. Tentu, jika itu harta yg diperoleh dari ayahnya, lain cerita. Tapi jangan dari jemaat. Jangan memeras jemaat & memperkaya diri sendiri!

11. AWAS PEMBUSUKAN GEREJA DARI DALAM.

Kita yg masih normal harus bertindak bersama-sama. Jika tidak, MEREKA MERAJA LELA DENGAN GAYA HIDUPNYA.
Serius, bukan iri, tapi NGGAK RELA JIKA AJARAN MURNI ALKITAB DISELEWENGKAN. MEREKA HARUS DILAWAN, DITANGKAP! JIKA TIDAK DITANGKAP TUHAN (BERTOBAT), DITANGKAP POLISI! I AM VERY SERIOUS IN THIS MATTER. Syukur, beberapa Pdt/penginjil demikian sudah dimasukkan ke penjara. Bahkan yg rela meniduri anggota jemaatnya sampai puluhan tahun! Kiranya dia sungguh2 bertobat di penjara! Jangan lupa, sebelum kasusnya terbongkar, dia terus khotbah tentang KESUCIAN HIDUP, SETIA KEPADA ISTRI/SUAMI & KELUARGA!
Munafik? Enyahlah, terserah Anda menyebutnya.

12. Mengapa Tuhan izinkan itu terbongkar? Mengapa kasus Pdt terkenal T di Singapura, yg menggelapkan pajak terbongkar sehingga dia dihukum? Mengapa beberapa Pdt lain juga terbongkar? Karena Allah TDK mengizinkan hamba2Nya bermain-main dengan dosa! Yang berdosa harus bertobat!.-