EXPOSISI WAHYU 13: BINATANG DARI DALAM LAUT DAN DALAM BUMI.

Oleh. Pdt. Dr. Ir. Mangapul Sagala, M.Th

I. BINATANG DARI LAUT ( 13:1-10)

1. Pada pasal 13 kita mengamati dua binatang yang sangat kuat dan menakutkan yang merupakan agen, alat dari si Iblis. Binatang pertama disebutkan keluar dari dalam laut (1).

2. Gambaran binatang ini adalah: bertanduk 10, kepala 7. Di atas tanduk-tanduk terdapat 10 mahkota. Pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

3. Gambaran tsb mirip dengan Naga (12:3). Bedanya adalah di atas kepala Naga ada 7 mahkota, sedangkan pada binatang ini, di atas tanduk-tanduk (bukan kepala) ada 10 mahkota, bukan 7. Jadi, mahluk ini juga sangat kuat dan juga disembah sebagai raja!

4.Siapakah kedua binatang tsb?

Pertama, para alhli mengacu kepada anti-Kristus, yang juga diperingatkan Yohanes dalam suratnya (1Yoh2:18-27).

Kedua, apa dan bagaimana si antiKristus tsb? Mari kita amati. Binatang dari laut digambarkan sbb: a. Rupanya bagai macan tutul (2); b. Kakinya seperti kaki beruang (2);
c. Mulutnya seperti mulut singa (2)
Penglihatan di atas mengkonfirmasi penglihatan Daniel (Dan.7:1-6). Simbol di atas diulang dan dijelaskan pada pasal berikutnya: 17:9-14

Ketiga, tapi kita harus berhati-hati untuk menafsirkan kerajaan mana yang dimaksud. Kita juga harus berhati-hati, karena “perempuan” pada 17:3 tidak sama dengan lukisan pada pasal 12 (Gereja). Pada bagian ini, perempuan mengacu kepada anti- Kristus (1Yoh.4:3).

Keempat, ada yang menafsirkan bahwa ketujuh gunung itu mengacu kepada kekuasaan Romawi, yang dikenal sebagai “The city of seven Hills”, lalu berspekulasi tentang tujuh raja (17:10) , yaitu para Kaisar yang memperlakukan Gereja secara ganas dan jahat. Lima raja yang telah jatuh (17:10) dilihat sebagai Mesir, Asyur, Babilonia, Persia dan Yunani. Sedangkan satu yang sedang memerintah adalah kerajaan Romawi. Lalu siapa yang satu lagi? Bagaimana dengan Napoleon, Hitler, Stalin?

5. Naga (pasal 12) memberikan kepada binatang tersebut: kekuatan, takhta dan kekuasaannya. Satu dari kepala-kepala (tujuh kepala) binatang terluka yang membahayakan hidupnya (3).

6. MUJIZAT & PENGIKUT
Namun, luka binatang tsb sembuh. Akibatnya, seluruh dunia heran, lalu mengikuti binatang tsb (3).

7. Sebagian penafsir berpendapat bahwa ini mengacu kepada kekaisaran Nero (Nero redivivus, Nero hidup kembali) atau kaisar Domitian.

8. PENYEMBAHAN KEPADA NAGA.
Mereka menyembah Naga (4). Perhatikan alasan menyembah. Mereka juga menyembah binatang tsb ... (4)

9. Kepada binatang diberikan mulut penuh kesombongan dan hujat (5). Binatang tsb memiliki kuasa selama 42 bulan ( lihat makna lamanya waktu ini pada pembahasan sebelumnya).

10. Mari kita perhatikan bagaimana tindakan binatang tsb : a) menghujat Allah; b) menghujat Nama Allah (Band. Kel.20:7) ; c) menghujat Kemah kediaman Allah (Kel.29:45) ; d) Serta menghujat semua yang diam di sorga (6; band.Fil.3:20). Penting diperhatikan bahwa kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku, umat, bahasa dan bangsa (7). Jadi kembali dinyatakan kuasanya yang bersifat global.

11. Semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan ...(8). Jadi melihat kenyataan ini, betapa pentingnya relasi yang hidup dan benar dengan Tuhan Yesus: 3:5; 13:8: 17:8;20:12,15 . Mari kita perhatikan peringatan! Ay.9-10 ...

II. BINATANG DARI DALAM BUMI ( 13:11-18)

1. Gambarang binatang kedua ini adalah bertanduk dua, sama seperti anak domba. Mari kembali kita perhatikan fakta penting ini. Jangan sampai tertipu. Mengapa? Gambaran ini sangat berbahaya! Bukankah Anak Allah, Juruselamat juga digambarkan sebagai Domba? (Why.5). Jadi, ini gambaran Juruselamat palsu dengan berita palsu!

2. Kepalsuan itu nampak dari ajarannya. Faktanya, dia berbicara seperti seekor naga (1). Seluruh kuasa binatang pertama dijalankannya, antiKristus!

3. Itu sebabnya, dalam beberapa diskusi terjadi kebingungan. Apalagi bagi Kristen KTP yang tidak dapat membedakan ajaran benar dan salah. Sebenarnya, Tuhan Yesus memberi cara mengikur sederhana, “Pohon dikenal dari buahnya”.

4. Dia menyebabkan seluruh bumi dan penghuninya menyembah binatang pertama yang luka parahnya telah sembuh tsb (12). “Thus, both beasts are the instruments of Satan in his warfare against God. The primary function of the second beast is to promote the worship of the first beast by the earth and its inhabitants” (Philip E. Hughes)

5. Hadirnya anti-Kristus terus menerus ditekankan dalam kitab ini: 16:13-; 19:20; 20:10. Ini dapat dibandingkan dengan antisipasi pengajaran Tuhan Yesus pada khotbah akhir zaman: Mark 13:5, 9, 23, 33.

6. MUJIZAT.
Bagi jemaat yang membangun imannya dengan mujizat pasti dengan mudah berduyun-duyun mengikutinya. Alasannya, karena binatang ini mengadakan tanda-tanda yang dahsyat (13). Dia menurunkan api dari langit ke bumi disaksikan semua orang (13). Band. 1Raja2 18:38. Selanjutnya, dia memerintahkan pembangunan patung untuk binatang yang terluka namun sembuh itu, untuk menghormatinya (14). Dia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda tsb (14).

7. Hal yang sangat luar biasa adalah, binatang ini dapat memberikan nyawa kepada patung yang dibuat, sehingga patung itu bisa berbicara dan bertindak (15).
Ini merupakan kuasa yang menyerupai kuasa Allah. Maka wajar, jika semua menyembahnya, yang tidak menyembah patung akan dibunuh (15).

8. Kita perhatikan bahwa sepanjang sejarah Gereja, para raja, kaisar menuntut penyembahan kepadanya. Band. 1Kor.12:3b.

9. TRIPLE SIX: 666
Kepada semua orang diberikan tanda pada tangan kanan atau pada dahinya (16)
Tidak seorang dapat mengadakan transaksi jual beli tanpa tanda itu. Ini menjadi kesulitan yang akan dialami oleh umat yang setia!
Tanda itu adalah nama binatang atau bilangan namanya: 666 (ayat 18). Apa maksudnya?

10. Tanda triple six telah dipahami secara berbeda sepanjang massa, sejak Gereja perdana. Kembali kepada Philip E. Hughes, ahli PB yang sangat hati-hati menafsir itu mengingatkan kita. Dia menulis: “The number 666 can be worked out to mean almost anything one wishes”. Apa saja dapat dibuat menafsirkan angka tsb.

11. Sekali lagi kita ulangi: Sepanjang sejarah Gereja berbagai kelompok dan upaya telah dilakukan untuk menafsirkan makna angka itu. Nampaknya, hal itu terus berulang hingga kini. Sebagai contoh, dengan cara “gematria” (geometria) angka tsb telah diberikan kepada kaisar-kaisar tertentu seperti kepada kaisar Domitian, Antiokhus Epipanias...atau kepada Paus, bahkan juga tokoh reformasi tertentu, juga kepada Archbishop Laud, Oliver Cromwell...

12. KETIDAKSEMPURNAAN?
Barangkali, salah satu pemahaman yang lebih mendekati kebenaran adalah pemahaman yang mengatakan bahwa jika angka 7 adalah untuk Allah, sempurna, maka angka 6 adalah untuk manusia. Apapun yang dilakukannya, tetap tidak sempurna, kurang dari 7, tidak dapat menyamai Allah. Perhatikan kalimat, “Bilangan itu adalah bilangan seorang manusia”.

13. ONE WORLD ORDER?
Apakah ini sedang menunjukkan berbagai upaya manusia untuk menyatukan seluruh dunia? Dengan segala kehebatan dan kesombongannya, seluruh dunia akan disatukan dengan satu identitas tertentu, yang kelak akan diatur oleh satu diktator yang menyingkirkan Allah? Usaha ini sesuai dengan penglihatan rasul Yohanes sebagaimana telah kita lihat di atas.

14. MICROCHIP?
Saat ini sedang disorot sebuah perusahaan di 5th Avenue New York, AS. Di sana ada kantor/gedung 666, milik Jared Kushner, yang memproduksi microchips yang ditanam di dalam tubuh manusia. Beberapa negara sudah mulai menanam dalam tangan mereka.
Lihat beberapa link berikut:

Sweden
https://www.youtube.com/watch?v=qWVQR99bXt8

USA
https://www.youtube.com/watch?v=WjTOkdHO7_4

Apakah angka triple 6 yang ditulis oleh rasul Yohanes mengacu kepada microchip itu? Atau kita masih harus menunggu? Atau itu sudah merupakan persiapan?

Lalu, bagaimana dengan angka 144.000 orang yang di dahi mereka tertulis nama Anak Domba dan Bapanya (14:1)?
Bersambung.