LAWAN NABI2 PALSU DENGAN TEOLOGIA SUKSESNYA. JUALAN NUBUATAN. PENTINGNYA AJARAN YANG BENAR (2).

Oleh: Pdt Dr.Ir. Mangapul Sagala, M.Th
#AwasAjaranSesat
#TeologiaSukses

1. Saya kira, banyak kita yang tahu bahwa korban & kematian tertinggi di Amerika akibat Covid19 ada di Amerika (AS). Saya yakin, angka itu juga dipengaruhi oleh pengkhotbah2 TV, tenar, penganut Teologia Sukses! Satu video sangat menyedihkan & mencekam, nampak kuburan massal dengan lubang raksasa, di mana peti2 berisi mayat ditimbun. Lalu ada tulisan 2000 lebih di Amerika mati dalam SEHARI!

2. Mohon diperhatikan dengan teliti video di bawah. Dengan sangat yakin, lantang mereka mendemonstrasikan bagaimana mereka menghardik Covid19. Berapa juta umat menyaksikan ke-4 orang itu di TV? Belum lagi, Tuan presiden Donald Trump juga berhasil ditipu mereka. Akibatnya, Trump mengatakan, di sekitar pertengahan Maret Covid19 berhenti.

3. Ada yang mengatakan, "Syukur, pengkhotbah2 seperti di video tidak terjadi di Indonesia".

4. Siapa bilang, tidak?
Jelas dilaporkan oleh Gubernur Jabar bahwa Grj tertentu (satu Gereja) terbukti terinfeksi 226 orang. Lalu bagaimana penyebaran berlipat ganda dari ratusan orang tsb? Setelah ditelusuri ke belakang pertemuan2 aliran Gereja itu, ternyata sudah terjadi secara maraton, berantai, melibatkan ribuan orang. Sekiranya alat pemeriksa seperti di AS, di mana test cepat ada di banyak tempat, sehari dapat diperiksa puluhan bahkan ratusan ribu orang, maka kemungkinan, penyebaran meningkat tinggi. Buktinya, satu hari yang lalu ada yg positive terinfeksi 330 orang!

5. Sangat jelas, sudah ada pengkhotbah2 yg menjadi Tim kerja dari Benny Hinn dan Cindy Jacobs di Indonesia. We can't deny and hide the fact. Kita harus jujur. Bukankah Benny Hinn sudah bolak balik ke Jkt? Lalu, masih ingat video yang saya posting sebelumnya bagaimana Cindy Jacobs mengurapi seorang Pdt?

6. Jika kita bersyukur (spt poin 3), bukan karena aliran mereka TIDAK ada di RI, tapi kita bersyukur karena aliran mereka belum MENDOMINASI jemaat RI. Untuk itu, kita harus bekerja sama & bekerja keras, secara terus menerus bertekun untuk melawan. Bukan melawan umat dan aliran mereka, tapi pengkhotbah2 sesat. Hal itu harus kita lakukan dengan berbagai cara dan di berbagai kesempatan. Sebenarnya, itu salah satu alasan dibuat group Forum Warga Gereja ini. Saling menguatkan dan menolong dalam AJARAN YANG BENAR. Group yang antar Gereja, melewati tembok2 denominasi. Semua anggota yang berniat membangun ajaran yang benar, dipersilakan untuk bertindak. Dimulai dari diri sendiri, keluarga, lalu rekan2 lainnya.

7. Terus terang, sejak sekitar 20 tahun lalu saya telah melihat bahaya pengajaran Teologia Sukses. Itu sebabnya, di berbagai kesempatan termasuk di radio RPK saya telah menyerukan bahwa Teologia Sukses bukan ajaran Alkitab. Bahkan dalam buku saya, Kristus Pasti Datang, saya membahas secara khusus (halaman 43-46).

8. Jika mengamati video di bawah, terlihat jelas KESALAHAN MEREKA.
Pertama, mereka semua sudah terbukti TIDAK BENAR. Tidak heran moderator menyebut mereka PALSU (FALSE PROPHETS).
Kedua, buat apa mereka harus melakukan itu di hadapan umum di depan jutaan pemirsa, disorot oleh kamera? Mau jualan nubuat & mujizat? Jika itu adalah doa, maka doa2 panjang & dahsyat dapat dilakukan di tempat tersembunyi. Itulah ajaran Yesus kepada pengajar BENAR, beda dari cara pengajar MUNAFIK!

9. Mari kita perhatikan Sabda Yesus berikut ini:
ORANG MUNAFIK:
Matius 6:5 (TB) "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
=====
Itulah orang munafik! Suka PAMER DOA. TUJUANNYA: "SUPAYA MEREKA DILIHAT ORANG". Jadi teringat satu video seorang yang mengaku Pdt, pakai baju contrast, kaca mata menyolok sambil disorot kamera berjalan di sepanjang jalan Sudirman. Tidak heran, banyak mata terarah kepadanya! Pamer? Enyahlah. Hanya Tuhan yang tahu.

10. DOA ORANG SEJATI:
Jika pelayan munafik suka PAMER, tidak demikian dengan pelayan sejati. Bila perlu, bahkan mereka TIDAK PERLU DILIHAT ORANG, TIDAK PERLU DISOROT KAMERA ATAU TV. Mereka lebih suka melayani di belakang layar. Memang, pendoa syafaat sejati, TIDAK PERLU PAMER & TIDAK SUKA PAMER. YG SUKA PAMER PASTI BUKAN PENDOA SEJATI. Mari kita simak Sabda berikut:

Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.(Matius 6:6 TB).
======

11. DIPERMALUKAN ALLAH.
Mengapa mereka ini, juga pengkhotbah si X, Y melakukan seperti di video di hadapan umum, ditonton jutaan orang? Sekali lagi, jika itu adalah doa memohon agar Covid19 berhenti, bukankah itu juga doa jutaan atau milyar orang di bawah kolong langit? Ketika begitu banyak pendoa syafaat masuk ke kamarnya dan sujud berdoa, termasuk di Indonesia, Covid19 itulah menjadi salah satu pokok doa utama. Lalu mengapa ada pengkhotbah2 begitu demonstrative berdoa dan menghardik Covid19 di depan kamera??? Agar mereka dianggap paling berjasa sekiranya Allah menghentikannya?
Tentu kita dapat menjawab dengan pasti: Kedaginganlah yang dominan di sana! Itu sebabnya mereka GATOT, GAGAL TOTAL!
Sekiranya itu dari Allah, maka mereka akan berhasil. TIDAK mungkin Allah memerintahkan hambaNya melakukan sesuatu di mana KUASANYA TIDAK MENYERTAI. Itulah yang terjadi di Perjanjian Lama! Allah memerintahkan Musa membelah laut Teberau dan hal itupun TERJADI.

Keluaran 14:22 (TB) Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka.

Demikian juga dengan Petrus dalam PB:

Matius 14:29 (TB) Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.
====
Mengapa kedua mujizat di atas terjadi? Jawabnya jelas: Allah memerintabkan mereka melakukannya. Mujizat dahsyat terjadi!

Bagaimana dengan pengkhotbah2 di video tsb dan pengkhotbah lain yang mengaku diperintahkan Tuhan? Terbukti Allah TIDAK memerintahkan mereka. Saya setuju satu tulisan telah viral berbunyi: Jika setelah hari Paskah, Covid19 berhenti, akan terjadi PENUAIAN besar-besaran. Banyak umat bertobat dan datang kepada Tuhan Yesus. Tetapi jika TIDAK, akan terjadi FITNAHAN besar2an. Allah mempermalukan mereka! Itu sebabnya video di bawah dengan jelas MENCELA MEREKA SEBAGAI NABI2 PALSU.

12. ALLAH BERDAULAT.
Mari kita sadari MULAI SEKARANG ATAU SEMAKIN MENYADARI PENTINGNYA AJARAN YANG BENAR. Mari belajar teologia baik-baik sebelum mengajar. Dalam teologia diajarkan sifat Allah yang BERDAULAT. Artinya, Dia tidak dapat diatur oleh siapapun. Semua orang harus tunduk kepadaNya.

13. MUJIZAT PASTI TERJADI.
Jangan salah menyikapi mujizat, seolah mujizat tak mungkin terjadi. ALLAH PL dan PB sama dengan Allah Gereja masa kini. Jika kita, sungguh2 TAAT KEPADA ALLAH &, KEHENDAKNYA YANG SUCI, di dalam kedaulatanNya yang penuh, Dia berkenan melakukannya.
Itulah yang saya dkk alami berulang kali, baik dalam pelayanan di KBD (Komunitas Bonapasogit Diaspora), maupun STT Trinity. Salah satunya, dalam satu KKR Natal di lapangan terbuka di Batam pada akhir November 2013, tiba2 turun hujan. Akibatnya, ribuan orang meninggalkan lapangan. Hanya bertahan sekitar ratusan orang pakai payung dll. Melihat itu, saya sedih. Terlebih lagi, saya datang ke Batam dalam kondisi sangat capek. Baru sehari sebelumnya ayah mertua dikebumikan, di bawa dari Jkt ke Siantar. Itu membuat saya tertantang memohon mujizatNya. Sekitar 5 menit sebelum khotbah, saya DIAM2 berdoa ke belakang panggung & menatap ke langit. Setelah itu, dalam nama Yesus berseru memerintahkan agar hujan berhenti. Saya lakukan hal itu 3 kali lalu perlahan kembali ke tempat.
Ketika pujian pengantar khotbah hampir selesai, saya melangkah penuh penyerahan. Berdoa mohon pimpinan dan berkat Tuhan... Sementara berdoa, terdengar suara hujan makin perlahan...setelah amen, baca Alkitab hujan BERHENTI! Ribuan orang kembali memenuhi lapangan. Setelah khotbah selesai, kantong persembahan mulai dijalankan. Terdengar mulai rintik hujan perlahan sampai deras, persembahan pun dihentikan. TERPUJILAH Allah yang berdaulat, yang mengatur semua MENURUT KEHENDAKNYA.