TUJUH UCAPAN TUHAN YESUS DARI KAYU SALIB

Pdt. Mangapul Sagala.
#UcapanYesusDiSalib
#JumatAgung

1. Saya sangat yakin, seruan Tuhan Yesus di kayu salib merupakan kalimat-kalimat penting, penuh makna, yang diserukan oleh Tuhan Yesus dari klimaks penderitaan dan pergumulanNya di dunia ini.

2. Kalimat-kalimat tsb mengungkapkan kasihNya yang sangat dalam dari penderitaanNya yang sangat berat.

3. Itulah sebabnya, sekalipun kita & seluruh dunia sedang dilanda virus Corona, kita tidak boleh mengabaikan seruan2 tsb. Kita harus memohon anugerahNya agar kita tetap dimampukan untuk menggali & merenungkannya.

4. Kalimat-kalimat Yesus di kayu salib sangat penting untuk direnungkan oleh umat Tuhan di sepanjang masa dan tempat. Hal itu kita lakukan setidak-tidaknya sekali dalam setahun. Perenungan kalimat tsb, pasti memberikan kekuatan, penghiburan, dan memberikan inspirasi rohani yang tidak ternilai harganya. Hari-hari ini adalah hari yang sangat baik, kita kembali merenungkan ketujuh ucapan Tuhan Yesus tsb.

5. Sebelum saya lanjutkan, usul saya, berhenti sejenak. Pejamkan mata rekan2. Coba ingat apa saja kalimat2 Yesus tsb. Apakah mampu mengingatnya berurutan? Jika tidak berurut, nggak apa-apa. Ada berapa kalimat yang diingat? Berapa yang diingat secara berurut? Berapa yang tahu lengkap dengan anak2nya? Jika hafal semua, luar biasa. Jika tidak hafal, mari kita lihat.

PERTAMA, SERUAN PENGAMPUNAN KEPADA SEMUA ORANG.

“Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”. (Luk. 23:34)

KEDUA, SERUAN KESELAMATAN BAGI PENJAHAT BESAR

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus." (Luk. 23:43)

KETIGA, SERUAN KASIH KEPADA ‘IBU’ (KELUARGA)

"Ibu, inilah, anakmu!" "Inilah ibumu!" (Yoh.19:26,27).

KEEMPAT, SERUAN PENDERITAAN ROHANI

"Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Mat.27:46).

KELIMA, SERUAN PENDERITAAN JASMANI

“Aku haus!" Yoh. 19:28

KEENAM, SERUAN KEMENANGAN

"Sudah selesai." (Yoh. 19:30).

KETUJUH, SERUAN PENYERAHAN

"Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." (Luk. 23:46)

6. Akhirnya, silakan mengambil waktu merenungkan ucapan demi ucapan. Untuk kali ini, mungkin bisa fokus hanya satu atau dua ucapan, besok ucapan ke-3 dan 4, besok lusa ucapan ke-5 dan 6. Hari Jumat, ucapan terakhir sambil mengulang semua.

Doa saya, rekan2 semua di tengah2 PENDERITAAN akibat Corona, Roh Allah menghibur, menguatkan serta menyebarkan rekan2 semua.

Salam passion.