BUKAN HANYA BEDA PENEKANAN. TAPI MEMANG BENAR2 MENYIMPANG.
#AwasAjaranMenyimpang

Saya tidak tahu berapa yang menyaksikan video di bawah. Dikirim seorang teman. Diposting di group sebelah. Ramai menanggapi. Banyak yg kecewa, banyak juga yg membela.
Tanggapan saya setelah menyaksikan video ini saya tuliskan bagi yang mau dan terbuka.

#AwasAjaranSesat
#BelajarYangBaik

1 Timotius 4:16 (TB) Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

1. Pak Esra Soru (bukan pak Eras), telah dengan susah payah mengulas ajaran pak Erastus dengan membuat video. Mengapa melakukan itu? Dengar alasannya.

2. Pak Esra menyebut adanya FPE, Front Pembela Erastus. Nampaknya benar, karena setiap kali saya menulis & mengkritisi ajaran pak Erastus di status FB ini, selalu ada orang2 tertentu yang melawan. Mereka tidak terlihat mau belajar, tapi langsung membela membabi buta. Bahkan sangat tidak enak cara2 mereka menolak, menuduh dengan kalimat2 fitnahan, kasar, dan sejenisnya. Ada juga yang meminta saya agar bicara langsung dgn pak Erastus.

1. Salah satu ajaran yang menghasilkan banyak bidat, ajaran sesat, adalah dalam bidang Kristologi. Misal, paham doketisme. Ajaran ini mengatakan bahwa Yesus tidak benar2 menjadi manusia. Tapi hanya nampaknya, manusia.

2. Bidat lain, yang sudah muncul sepanjang abad adalah ketika memahami istilah "mengosongkan" diri dalam Filipi 2:6-7.

3. Ajaran yang sudah jelas SALAH, dilawan oleh bapak- bapak Gereja adalah seperti diajarkan pak Erastus Sabdono dalam bukunya, Tritunggal Menurut Alkitab, dan video yg viral, tentang Yesus mati dua kali (Catat, setelah heboh, viral, ditanggapi oleh banyak Pdt, Erastus mengklarifikasi. Lihat status saya sebelumnya).
Erastus memahami, bahwa ketika berinkarnasi (Yoh.1:14), Yesus berhenti menjadi Allah. Mengapa? Menurut Erastus, karena Allah telah membunuh Yesus. Allah mengosongkan Yesus. Dia benar2 dibuat jadi nol, Yesus kehilangan ingatan (bbrp istilah digunakan pak Erastus menyatakan pemahamannya yang SALAH). Lihat tanggapan yg baik di YouTube yg dibuat pak Esra Soru.

PAK ERASTUS YTH: JUJUR DONG. ITU KEHARUSAN BAGI SEORANG PDT.
APA HARUS BERBOHONG MELAKUKAN MARKETING DIRI? JANGAN BEGITU, PAK.

REKAN2 YTK, memang pak Erastus ini pintar berkelit. Nggak enak menulis BERBOHONG!

Bagi pembelanya, tolong sampaikan agar Eras belajar jujur. Itu tuntutan utama seorang pendeta! Boleh tidak pintar, tapi harus jujur. Boleh tidak hebat karunia, tapi harus jujur. Silakan rekan2 amati video2nya yg ditanggapi para rekan pendeta.

MOHON PAK BELAJAR YANG BENAR.
#AjaranSesat

Pentingkah ajaran yang benar?
Banyak orang masih ragu soal pentingnya ajaran benar. Itu sebabnya, ketika sejak lebih dari dua tahun yang lalu saya mengkritisi ajaran2 pak Erastus yang mirip ajaran Bidat (Bidat, ajaran yg menyimpang dari ajaran utama), beberapa pendukungnya, malah marah dan menulis dengan berbagai fitnah.

Rupanya, Eras semakin bebas berceramah, tanpa didasari ajaran yg bertanggung jawab. Lihat video pak MYM (Pdt. Muriwali) di bawah. Menurut yang saya amati, setidaknya 4 video dari PDT-PDT yang dengan serius mengkritisi ajaran pak Eras yang dapat dengan mudah dibaca dari buku2nya dan didengar dari video2 di YouTube. Termasuk yg tekun mengkritisi di YouTube adalah pak Esra (beda susunan huruf ya? Bukan pak Eras :)

Page 1 of 7