Monday, 19 November 2018
Kemuliaan YESUS

Bapak/Ibu/Sdr ytk, segala puji dan syukur kepada Bapa di surga. Telah terbit buku baru saya yang berjudul: KEMULIAAN YESUS. MENYINGKAPKAN KRISTOLOGI YOHANES.

Buku yang merupakan edisi revisi dari disertasi tersebut mengambil bentuk ukuran yang lebih besar, baik dari segi tinggi dan lebarnya, tebal 384 halaman. Harga resmi adalah Rp.105.000. Bagi seratus orang pembeli pertama diberikan potongan 20 persen.

Bagi yang berminat, dapat menghubungi literatur Perkantas, Lidia (68409676),

Read more: Kemuliaan YESUS. Menyingkapkan Kristologi Yohanes.
Rahasia Hidup Bahagia

Buku ini merupakan kumpulan artikel penulis selama empat tahun (2006 – 2009), yang telah dimuat di harian nasional, Sinar Harapan. Berbagai topik menarik dan bersifat teologis dapat ditemukan dalam buku ini. Sesungguhnya, dengan membaca buku ini, pembaca akan memahami berbagai pengajaran teologi mendasar dan penting: juga akan dibawa kembali ke berbagai isu hangat yang pernah muncul di sepanjang empat tahun tersebut. Sebagai contoh, ada dua isu yang sangat hangat terjadi pada tahun 2006, yang diabadikan penulis melalui topik “Pindah Agama” (7.10.2006) dan “Poligami, Mengapa Tidak?” (9.12.2006). Demikian juga, masalah yang menghebohkan dalam dunia pendidikan, di mana salah satu TV swasta menayangkan penyiksaan siswa-siswa baru,

Read more: Rahasia Hidup Bahagia
Firman Menjadi Daging

Kristologi Berdasarkan Yoh 1:14

“Allah berulangkali dan dengan berbagai cara berbicara dan menyatakan diriNya kepada manusia (Ibr 1:1-2). Salah satu dari cara itu, dan sebagai puncak penyataan diri Allah, adalah “logos sarx egeneto” atau “firman menjadi daging” (Yoh 1:14). Pendekatan Injil Yohanes tentang keilahian Yesus melalui konsepsi “logos” dijelaskan Dr. Mangapul Sagala secara rinci, hermeneutis dengan argumentasi teologis. Alur berpikirnya sistematis, enak dibaca dan mudah dicerna.

Read more: Firman Menjadi Daging
Kristus Pasti Datang

Mengungkap Berbagai Spekulasi

Sepanjang sejarah Gereja, ajaran tentang kedatangan Kristus yang kedua seringkali menimbulkan masalah. Berbagai spekulasi dimunculkan, yang mengakibatkan kebingungan di kalangan umat, kerugian, penderitaan bahkan kehilangan nyawa! Hal itulah yang diungkapkan dalam buku ini. Buku ini adalah edisi kelima dari buku yang berjudul Kristus Pasti Datang Kembali. Dalam edisi ini, judulnya diubah menjadi: Kristus Pasti Datang. Dengan sub judul: Mengungkap Berbagai Spekulasi. Meskipun judulnya hanya berubah sedikit, namun isinya mengalami perubahan cukup banyak.

Read more: Kristus Pasti Datang
Mengapa Ada Penderitaan

Kisah Nyata Anak-anak Tuhan

Tema penderitaan sangat akrab dalam kehidupan umat Tuhan. Hal itu sangat jelas dibaca di dalam lembar demi lembar Alkitab. Itu juga yang menjadi pengalaman banyak orang. Ada yang menderita karena ditinggal oleh orang-orang yang dikasihi. Tapi banyak juga karena bencana alam di berbagai tempat, seperti akibat Tsunami di Mentawai, Aceh, Nias dan Gunung Merapi di Yogya, Gunung Sinabung di Sumatera serta akibat tanah longsor di Wasior, Papua.

Read more: Mengapa Ada Penderitaan
Injil dan Adat Batak

Bagaimanakah sikap kita melihat adat Batak sebagai produk budaya leluhur? Bagaimana pandangan Injil Kristus terhadap adat? Apakah Adat Batak bertentangan dengan Injil?

Buku ini akan membantu untuk menjawab pertanyaan tersebut dan pertanyaan-pertanyaan lainnya dengan baik, sehingga orang Batak dapat mengambil sikap benar terhadap adat istiadat sebagai produk budaya leluhur. (Junjungan Sipahutar, SH. Ketua Yayasan Binadunia, tinggal di Jakarta)

Warga Batak Kristen perlu memperoleh keyakinan bahwa kehidupan mereka adalah kehidupan yang maradat dalam iman Kristiani.

Read more: Injil dan Adat Batak
Roh Kudus dan Karunia Roh

Saya yakin, bahwa pembaca sekalian sependapat dengan saya bahwa topik ini merupakan satu topik yang sangat penting. Namun demikian, sangat disayangkan bahwa ajaran tentang Roh Kudus yang merupakan salah satu ajaran yang sangat penting ini telah banyak diselewengkan dan disalah mengerti. Hal itu akan jelas terlihat apabila kita mempelajari sejarah Gereja.

Sebenarnya, ajaran tentang Roh Kudus dan karunia-karunia Roh dengan segala permasalahannya, bukanlah merupakan hal yang baru timbul pada abad 20, yaitu pada tahun 1950-an. Tetapi kita dapat mundur ke belakang ke abad ke 2, yaitu ketika muncul gerakan Montanisme oleh Montanus yang juga menekankan soal adanya bahasa lidah; bahkan lebih awal lagi yaitu ke abad permulaan.

Read more: Roh Kudus dan Karunia Roh
Superioritas dan Keistimewaan Alkitab

Kata Pengantar Untuk Edisi ke-3

Segala puji bagi Allah Bapa di Sorga atas segala kasih setiaNya yang terus melimpah atas kita semua. Kami bersyukur buku "Otoritas Alkitab' dapat dicetak ulang kembali untuk ketiga kalinya. Puji Tuhan, sekalipun buku ini relatif cukup berat untuk dibaca -sesuai dengan isi pembahasan yang memang harus demikian- namun buku ini tetap mendapat tempat di hati banyak Pembaca sekalian.

Dalam edisi ketiga ini, kami mengubah judul dari judul lama, yaitu "Otoritas Alkitab" menjadi "Superioritas dan Keistimewaan Alkitab".

Read more: Superioritas dan Keistimewaan Alkitab
Petunjuk Praktis Menggali Alkitab

Rasul Petrus menulis: "Jadilah sama seperti bayi yang baru lahir yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya melaluinya engkau bertumbuh" (1Pet.2:2). Karena itu, membaca dan menikmati Alkitab tiap-tiap hari merupakan suatu kebutuhan setiap orang percaya. Sekalipun demikian, seringkali ditemukan keluhan dari anak-anak Tuhan yang membuatnya enggan untuk membaca Alkitab. Mereka mengeluh karena tidak tahu bagaimana harus menggali Alkitab tersebut. Mereka bingung ketika bertemu dengan bagian-bagian tertentu Alkitab, seperti kisah-kisah narasi Injil, perumpamaan bahkan kitab-kitab nubuatan.

Buku yang terdiri dari 56 halaman ini akan menolong pembaca mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut.

Read more: Petunjuk Praktis Menggali Alkitab
Pemimpin Pujian Yang Kreatif

Mungkin selama ini banyak orang dan kalangan mengenal Pdt. Mangapul Sagala hanya sebagai seorang pengkhotbah. Sehingga terkesan lewat buku inipun ia ingin berceramah soal puji-pujian. Padahal, ia sendiri adalah seorang pemimpin puji-pujian dan pencipta lagu-lagu rohani. Maka, tak berlebihanlah kalau dikatakan ia telah memposisikan dirinya secara tepat di dalam buku ini. Sungguh, tak ada kesenjangan antara penulis dan karya tulisnya ini. Karena, tak hanya pengetahuan yang ingin dibagikannya, namun juga seluruh pengalaman pelayanannya yang berkaitan dengan puji-pujian. ~ Dr. Victor Silaen,Dosen STT Cipanas.

Read more: Pemimpin Pujian Yang Kreatif