Jakarta, Bahana
Benarkah adat Batak bertentangan dengan Injil? Untuk menjawab pertanyaan ini dan sejumlah pertanyaan lain, Yayasan Gema Kyriasa menggelar seminar bertajuk “Adat Batak dan Injil; Apakah Benar Adat Batak Bertentangan dengan Injil?” belum lama ini di Jakarta.

Pdt. Ir. Mangapul Sagala, M. Div tampil sebagai pembicara tunggal dalam seminar yang sebagian pesertanya adalah orang tua. Mangapul menjelaskan bahwa letak permasalahan adanya polemik semacam ini karena kurangnya pemahaman orang-orang yang terlibat dalam polemik itu baik atas Injil maupun atas adat Batak.

Oleh: Pdt. Mangapul Sagala

Adakah puasa yang tidak dikehendaki oleh Allah? Bukankah Allah sendiri yang menetapkan umatNya untuk berpuasa, karena itu setiap puasa pasti dikehendakiNya? Memang benar, di dalam Alkitab Perjanjian Lama, Allahlah yang memerintahkan umatNya untuk berpuasa dan menetapkan satu hari dalam setahun yang disebut dengan hari raya pendamaian. Pada hari tersebut, umatNya harus merendahkan diri di hadapan Tuhan serta tidak melakukan sesuatu pekerjaan (Baca Imamat 16:29-31;23:27-32).

Sinar Harapan, 23.6.07
Dua minggu yang lalu, diadakan sebuah pembinaan di sebuah Gereja di wilayah Cinere. Sebenarnya, Gereja tsb sudah rutin mengadakan pembinaan bagi warga jemaat, yang disebut dengan PTJ (Pendidikan Teologi Jemaat). Itulah sebabnya, anggota jemaat yang memang rindu untuk dibina, biasanya menyambut PTJ dengan sukacita dan penuh semangat.

Namun kelihatannya, PTJ pada saat itu, lain dari biasanya. Beberapa anggota jemaat kurang bersemangat dan cemas menyambutnya.

Oleh: Pdt. Mangapul Sagala

Jika kita bicara mengenai doa yang benar, itu berarti ada doa yang tidak benar. Memang demikian adanya. Pernyataan akan adanya doa yang benar dan salah ditegaskan oleh Alkitab itu sendiri. Alkitab menegaskan bahwa ada orang yang tidak menerima apa-apa karena tidak berdoa. Namun, ada juga orang yang meskipun berdoa tetapi tetap tidak memperoleh apa-apa (Yak.4:2). Barangkali ada yang bertanya: “Apa alasannya? Bukankah kita mendengar bahwa setiap doa pasti dikabulkan Tuhan?” Ternyata tidak.

Pdt. Mangapul Sagala

Hal beriman merupakan salah satu hal yang ditonjolkan di dalam Injil Yohanes. Itulah sebabnya, ketika Yohanes menulis tentang mujizat pertama yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, yaitu mengubah air menjadi anggur, maka segera dia menulis: "Hal itu dibuat Yesus di Kana... sebagai yang pertama dari tandan-tandaNya .. dan murid-muridNya percaya kepadaNya" (Yoh.2:11). Selanjutnya, setelah tanda tersebut, kita masih menemukan enam tanda lainnya.

Terungkapnya hasil percakapan telpon antara seorang pejabat Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung, yaitu Untung Udji Santoso dengan seorang wanita kaya bernama Artalyta, telah menimbulkan kekecewaan dan kemarahan yang luar biasa dari banyak orang. Betapa tidak kecewa dan marah, seorang pejabat tinggi yang seharusnya menegakkan hukum dan kebenaran, serta seharusnya menjunjung tinggi kejujuran dan transparancy, ternyata mengadakan pembicaraan secara diam-diam yang justru melanggar hukum dan menyembunyikan fakta yang sesungguhnya.

Page 1 of 6